Selasa, 22 Oktober 2013

Pelayanan Sejati

Dapat pelajaran berharga sore ini di Toko Kondang jl. Wotgandul... Toko tidak terlalu besar, lokasi juga tusuk sate (ayam atau kambing gak terlalu jelas). Ada 3 pelayan dan satu om pemilik toko yang sudah cukup sepuh (mungkin 70an tahun). Sapaan ramah yang sangat inner service, tdk seperti mbak/mas yang di mart..mart-an itu. Salah satu pelayan menyodorkan berbagai pilihan barang yang akan saya beli. Dijelaskan satu per satu kelebihan dan kekurangannya. Setelah memilih satu merk, barang dikeluarkan dan saya diminta untuk mencobanya, satu per satu fitur harus dicoba, meski sy sdh yakin dan agak tergesa menjemput duo gendhut di sekolah. Akhirnya saya coba satu per satu fiturnya. Ok. Si pelayan menulis nota, saya membayar di tempat om pemiliki toko, sambil diajak ngobrol. Saya diberi diskon, tidak besar tapi tampak sangat tulus. Surprise: saya mau angkat barang yg sdh dibayar. Si om gak boleh, biar diangkat oleh pelayannya."masukkan ke mobil ya"...lalu si om kasih uang 2 ribu ke si pelayan: "kasih ini ke tukang parkir, untuk parkir bapaknya ini"..... Hmmmmmm... barangkali Toko itu tidak pakai managemen yg njlimet, mungkin juga tidak ada program training utk para penjaga toko (wong cuma 4 orang)...tapi mereka memberikan apa yang disebut pelayanan dengan hati, bukan pelayanan yang basa-basi dengan kata-kata dan intonasi yang dihafalkan.... terimakasih om pelajarannya

Tidak ada komentar: