Pelayanan Sejati
Dapat
pelajaran berharga sore ini di Toko Kondang jl. Wotgandul... Toko tidak
terlalu besar, lokasi juga tusuk sate (ayam atau kambing gak terlalu
jelas). Ada 3 pelayan dan satu om pemilik toko yang sudah cukup sepuh
(mungkin 70an tahun). Sapaan ramah yang sangat inner service, tdk
seperti mbak/mas yang di mart..mart-an itu. Salah satu pelayan
menyodorkan berbagai pilihan barang yang akan saya beli.
Dijelaskan satu per satu kelebihan dan kekurangannya. Setelah memilih
satu merk, barang dikeluarkan dan saya diminta untuk mencobanya, satu
per satu fitur harus dicoba, meski sy sdh yakin dan agak tergesa
menjemput duo gendhut di sekolah. Akhirnya saya coba satu per satu
fiturnya. Ok. Si pelayan menulis nota, saya membayar di tempat om
pemiliki toko, sambil diajak ngobrol. Saya diberi diskon, tidak besar
tapi tampak sangat tulus. Surprise: saya mau angkat barang yg sdh
dibayar. Si om gak boleh, biar diangkat oleh pelayannya."masukkan ke
mobil ya"...lalu si om kasih uang 2 ribu ke si pelayan: "kasih ini ke
tukang parkir, untuk parkir bapaknya ini"..... Hmmmmmm... barangkali
Toko itu tidak pakai managemen yg njlimet, mungkin juga tidak ada
program training utk para penjaga toko (wong cuma 4 orang)...tapi mereka
memberikan apa yang disebut pelayanan dengan hati, bukan pelayanan yang
basa-basi dengan kata-kata dan intonasi yang dihafalkan.... terimakasih
om pelajarannya
Selasa, 22 Oktober 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar